Langkah Efektif dalam Mencegah Kerusakan Gendang Telinga

Langkah Efektif dalam Mencegah Kerusakan Gendang Telinga

Langkah Efektif dalam Mencegah Kerusakan Gendang Telinga

 

 

Telinga merupakan salah satu indera manusia yang sangat penting untuk mendengar berbagai macam suara. Melalui telinga, kita juga dapat mengatur keseimbangan tubuh. Apabila kesehatan telinga tidak dijaga dengan baik, dampak negatif berupa kerusakan komponen dalam telinga bisa terjadi dan mengakibatkan kehilangan pendengaran. Salah satunya adalah kerusakan gendang telinga yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab.

Gendang telinga ini merupakan komponen yang sangat penting dan menjadi yang utama di telinga. Oleh karena itu, Anda harus mencegah kerusakan tersebut dengan terus menjaga kesehatan telinga dan menghindari faktor penyebab kerusakan itu sendiri. berikut inilah langkah efektif yang mampu mencegah gendang telinga rusak.

  1. Menghindari Sumber Suara Keras dan Bising

Gendang telinga adalah organ di dalam telinga yang berfungsi menangkap getaran dari arah luar. Salah satu bagian telinga dalam ini bisa mengalami kerusakan jika tidak dijaga baik-baik. Salah satu faktor pemicu kerusakan gendang telinga ini adalah adanya suara yang terlalu keras dan bising. Saat gendang telinga ini menerima suara yang terlampau keras, tidak menutup kemungkinan akan mengalami gangguan, bahkan bisa pecah jika sangat keras.

READ  APA PENYEBAB FARINGITIS ?

Anda dapat mencegah kerusakan tersebut dengan menghindari berbagai paparan kebisingan sebanyak mungkin. Apabila terpaksa berada di lingkungan yang bising, seperti bekerja di pabrik, Anda dianjurkan menggunakan pelindung telinga untuk melindung gendang telinga dari suara yang terlampau keras atau bising.

  1. Menjaga Telinga agar Tetap Kering

Kelembapan berlebih di telinga dapat menyebabkan masuknya bakteri ke saluran telinga. Hal ini juga berpotensi menginfeksi telinga, termasuk area gendang telinga. Situasi semacam ini secara tidak sadar bisa memicu infeksi serta iritasi pada telinga. Oleh karena itu, sebaiknya jagalah selalu kesehatan telinga Anda agar kondisinya tetap kering. Jika punya hobi berenang, sebaiknya gunakanlah penyumbat telinga agar dapat mencegah air masuk ke dalam telinga.

  1. Membersihkan Telinga dengan Cara yang Benar
READ  Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga agar Tak Mengganggu Pendengaran

Anatomi telinga terdiri atas tiga bagian utama yaitu bagian dalam, tengah, dan luar. Seluruh bagian tersebut mempunyai fungsinya masing-masing agar bisa mendengar dengan baik. Saat membersihkan telinga, ada baiknya untuk tetap membersihkan bagian luar atau daun telinga saja. Pasalnya, telinga juga mempunyai kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu-bulu halus dan bentuknya yang bersudut mampu menjaga telinga dari masuknya kotoran yang berlebih. Meskipun demikian, Anda tetap perlu membersihkan telinga. Gunakanlah cara yang benar agar bisa mencegah kerusakan bagian tertentu di telinga, termasuk gendang telinga.

  1. Mengobati Infeksi Secepatnya

Gangguan berupa infeksi telinga bisa terjadi dengan berbagai penyebabnya. Salah satu bagian telinga yang bisa mengalami infeksi adalah gendang telinga. Jika infeksi tersebut tidak segera diobati, kerusakan gendang telinga dapat terjadi serta menyebabkan kesulitan pendengaran. Jika mengalami gangguan pada telinga, segeralah memeriksakannya ke dokter agar memperoleh pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut agar bisa segera sembuh.

  1. Rutin Memeriksakan Diri ke Dokter
READ  Berikut beberapa hal yang dapat mencegah terjadinya gendang telinga pecah.

Selain memeriksakan kesehatan tubuh, Anda juga perlu memeriksakan kesehatan telinga secara rutin. Pasalnya, semakin tua umur dari seseorang, semakin rentan pula terhadap gangguan pendengaran, termasuk yang terjadi pada gendang telinga. Agar kondisinya tetap terjaga dan telinga tetap berfungsi optimal, periksa ke dokter secara rutin dapat membantu mendeteksi secara dini apabila memang menderita suatu gangguan pendengaran.

Berbagai upaya mencegah kerusakan pada gendang telinga di atas perlu dilakukan demi kesehatan indera pendengaran. Lebih dari itu, fungsi pendengaran juga akan tetap optimal, sehingga Anda tidak sampai menderita gangguan telinga, baik yang ringan, maupun yang berat.

 

Sumber artikel:

www.jawaban.com

www.halodoc.com

hellosehat.com

 

Sumber gambar:

idea.grid.id

www.halodoc.com

www.suara.com