Inilah Gejala Faringitis

Inilah Gejala Faringitis

Inilah Gejala Faringitis

 

Penyakit Faringitis adalah penyakit yang disebabkan karena adanya iritasi pada bagian faring (tenggorokan). Faring lebih tepatnya disebut saluran yang mengantarkan udara dari hidung dan mulut menuju ke paru-paru. Iritasi tersebut diakibatkan oleh adanya inveksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam rongga faring.

Saluran pernafasan dan makanan serta minuman, sangat rentan untuk merasakan perih dan sakit akibat pola makan yang salah dan beberapa bakteri yang menyerang kerongkongan dan tenggorokan. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya, kimia contohnya. Dalam hal ini, anak kecil lebih sering terkena faringitis, disebabkan karena banyaknya makanan dan minuman yang tidak sehat. Adapun pada orang dewasa biasanya diakibatkan karena virus dan bakteri.

Virus yang menyebabkan sakit pada faring (tenggorokan) adalah firus yang bernama Streptococcus betan hemolyticus grup A. namun rasa sakit ini juga bisa diakibatkan oleh alergi, toksin, atau cedera. Untuk rasa sakit yang disebabkan oleh Streptococcus betan hemolyticus grup A, bisa menimbulkan reaksi radang. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan sistem imun dan merusak katup jantung dan ginjal.

READ  Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga agar Tak Mengganggu Pendengaran

Diagnosa terkait penyakit ini, tidak langsung begitu saja, melainkan mesti mengetahui terlebih dahulu gejala-gejala yang ada. Berikut gejala-gejala yang terjadi pada penderita faringitis :

  • Sering mengalami batuk dan pilek. Batuk dan pilek ini disebabkan karena adanya bakteri dan virus yang kemudian menyerang saluran hidung dan tenggorokan, bahkan disertai dengan demam.
  • Jika disebabkan karena adenovirus, maka gejalanyaa dapat berupa penyakit pada kaki, tangan dan mulut, yang biasa disebut flu singapur. Maksudnya adalah terdapat bintik-bintik air pada tangan, kaki dan mulut. Sementara jika bintik itu ada pada bagian mulut, terkenal dengan sebutan sariawan.

Selain itu juga, menurut dr. Anthony Maleachy, gejala lain dari faringitis adalah sering merasakan gatal pada bagian pangkal tenggorokan, disebabkan karena bakteri yang masuk kedalamnya. Kemudian rasa itu terjadi sangat sering dalam beberapa waktu.

READ  Berikut ini bagaimana cara melakukan perawatan terhadap gendang telinga agar tidak terjadi masalah.

Kemudian adapun hal yang memicu adanya bakteri-bakteri jahat yang masuk, itu disebabkan karena musim flu di sekitar anda, lalu jarak kita dengan mereka sangat sering berdekatan. Akibatnya virus itu mudah menular.

Virus ini sering menjadi pemantik gejala faringitis, yang menyebabkan gatal, lalu menimbulkan radang dan tak jarang menyebabkan seorang yang yang merasakannya menjadi demam dan meriang. Begitupun dalam hal menelan dan mengunyah makanan, akan sering merasakan kesulitan karena rasa sakit tersebut.

Hal yang harus dilakukan untuk mencegah adanya peradangan pada bagian faring atau pangkal tenggorokan, adalah sebagai berikut

  1. Selalu menjaga jarak dari orang yang sedangg terkena flu atau demam, karena virusnya sangat rentan menular
  2. Gunakanlah masker saat bepergian saat musim flu dan saat berada di sekitar orang yang sedang flu
  3. Rutinlah mencuci tangan dengan air mengalir, saat hendak mengkonsumsi makanan dan setiap kali tangan akan berkontak dengan hidung.
  4. Hindari minum air es saat memiliki radang Sebaliknya, seringlah minum air hangat yang dicampur perasan lemon.
READ  APA PENYEBAB FARINGITIS ?

Menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh adalah hal utama dalam pencegahan faringitis ini, karena virus akan mudah menyerang pada tubuh saat dalam keadaan tidak fit. Maka lakukan olahraga agar senantiasa bugar dan sehat dan diiringi dengan banyak minum air mineral, minimal 1 liter dalam satu hari. Seringlah berkonsultasi pada dokter saat gejala-gejala di atas mulai terasa, agar segera diberi saran dalam mengatasi masalah tersebut.

 

Sumber gambar : halodoc.com