Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga agar Tak Mengganggu Pendengaran

Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga agar Tak Mengganggu Pendengaran

Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga agar Tak Mengganggu Pendengaran

 

Tahukah Anda bahwa sebenarnya telinga sudah mempunyai mekanisme pembersihannya sendiri? Kotoran telinga secara otomatis terdorong ke area terluar dari saluran telinga melalui gerakan rahang ketika mengunyah. Akan tetapi, bukan lantas Anda tidak membersihkan telinga.

Cara membersihkan kotoran telinga harus dilakukan demi menjaga kebersihan telinga dan kemudahan dalam mendengar suara. Cara pembersihan yang tidak benar juga akan melukai telinga. Di bawah ini adalah langkah membersihkan telinga agar pendengaran tetap baik dan tidak terganggu, seperti telinga berdenging, pusing, dan sebagainya.

  1. Menggunakan Cairan Saline

Membersihkan kotoran telinga memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda perlu menggunakan cara yang benar untuk melindungi telinga dari kerusakan. Anda bisa membuat cairan pembersih telinga dengan menyiapkan campuran berupa ½ cangkir air hangat dan 1 sdt garam. Setelah itu, celupkan bola kapas ke dalam larutan tersebut, kemudian peras lembut untuk menuangkan beberapa tetesnya ke dalam telinga.

READ  Berikut beberapa hal yang dapat mencegah terjadinya gendang telinga pecah.

Pastikan kepala dalam posisi miring agar telinga yang ditetesi berada di atas selama beberapa menit. Setelah ditahan beberapa menit lamanya, miringkan kepala ke arah yang berlawanan dengan cepat untuk menguras cairan saline yang mungkin sudah membawa serta beberapa kotoran dari telinga.

  1. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Cara membersihkan kotoran telinga berikutnya adalah menggunakan hidrogen peroksida. Apabila telinga terasa terganggu, Anda bisa melakukan upaya pembersihan telinga yang benar. Anda bisa siapkan larutan air serta hidrogen peroksida cair.

Langkah berikutnya, bersihkan telinga dengan menerapkan beberapa tetes cairan hidrogen peroksida tersebut ke dalam telinga guna mengangkat kotoran-kotoran di dalamnya dengan mudah. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak menggunakan cairan hidrogen peroksida di atas 3% karena justru akan mengakibatkan efek yang merugikan.

  1. Membersihkan dengan Baby Oil
READ  Berikut ini bagaimana cara melakukan perawatan terhadap gendang telinga agar tidak terjadi masalah.

Merawat kesehatan telinga bisa dilakukan dengan membersihkan kotoran telinga secara rutin dengan cara yang benar dan aman. Anda bisa membersihkannya dengan baby oil. Caranya adalah dengan meneteskan baby oil dalam beberapa tetes ke telinga yang kotor untuk membantu melunakkan kotoran telinga.

Anda bisa menempatkan bola kapas di telinga untuk memastikan agar minyak tidak tumpah keluar. Mintalah bantuan kepada orang terdekat untuk melihat apakah masih ada kotoran di telinga yang tersisa. Jika masih ada, maka bersihkan dengan cutton buds dengan perlahan.

  1. Membersihkan dengan Minyak Zaitun

Cara berikutnya dalam membersihkan kotoran telinga adalah dengan minyak zaitun. Menggunakan minyak zaitun selama tidur akan membantu melunakkan kotoran di telinga, sehingga lebih mudah dalam membersihkannya. Terapkanlah cara membersihkan kotoran telinga ini secara rutin yaitu selama 3-4 hari untuk melihat adanya efek positif.

  1. Mengeringkan Telinga yang Basah
READ  Inilah Gejala Faringitis

Telinga yang basah juga akan berakibat pada timbulnya dengungan di telinga atau pendengaran jadi tidak prima. Oleh karena itu, kondisi telinga basah ini bisa diatasi segera. Cairan yang berada di telinga ini bisa dikeluarkan sambil mengeluarkan kotoran yang ada di telinga.

Caranya dengan memiringkan kepala untuk mengeluarkan air dan mengusap cairan yang keluar dengan handuk. Tuntaskan pembersihannya dengan cotton buds untuk memudahkan pengeluaran kotoran yang masih tersisa.

Berbagai persoalan pada telinga memang harus disadari sejak dini. Hal ini sangat perlu mengingat pendengaran harus jelas dan berfungsi dengan baik. Salah satu persoalan yang sering muncul adalah mengenai kotoran telinga. Agar tidak menumpuk, sebaiknya segera bersihkan kotoran telinga dengan cara yang benar seperti cara di atas.

 

Sumber artikel:

www.honestdocs.id

www.idntimes.com

 

Sumber gambar:

www.liputan6.com

www.badgerbalm.com

www.alodokter.com