APA PENYEBAB FARINGITIS ?

APA PENYEBAB FARINGITIS ?

APA PENYEBAB FARINGITIS ?

 

Sakit pangkal tenggorokan atau faring, adalah salah satu gejala faringitis. Faringitis adalah rasa sakit atau  bahkan luka yang ada pada bagian tenggorokan. Rasa sakit ini tentunya bisa mengganggu siapapun dalam kesehariannya. Seorang yang sering merasakan sakit ketika menelan dan mengunyah makanan, hal tersebut sangat memungkinkan dirinya terkena faringitis.

Tidak hanya merasakan sakit pada bagian pangkal tenggorokoan, akan tetapi juga bisa merasakan demam. Karena saat merasakan hal tersebut suhu tubuh menjadi berubah. Saat hal itu terjadi, segeralah kenali apa saja penyebab sakit itu, karena jika tidak mengenali penyebabnya, anda tidak pernah memperhatikan hal-hal yang sederhana dalam keseharian, yang bisa saja menjadi penyebab faringitis. Faringitis ini selalu juga ditandai dengan radang tenggorokan.

Menurut American Osteopathic Association (AOA), faringitis yang disebabkan radang tenggorokan adalah salah satu alasan paling sering dari pasien yang berkonsultasi pada dokter. Untuk melakukan tindakan pada faringitis, mestilah  mengetahui apa saja penyebab faringitis.

READ  Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga agar Tak Mengganggu Pendengaran

 

Hal-hal yang menyebabkan Faringitis

  • Adanya bakteri Streptococcus beta hemolyticus grup A, virus ini tidak hanya menimbulkan radang pada tenggorokan, tapi juga merusak sistem imun dan rusaknya katup jantung bahkan ginjal.
  • Virus yang menyebabkan batuk dan pilek yang mengganggu saluran pernafasan dan rentang terjaadi radang tenggorokan.

Namun dalam hal ini, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa penyebab radang tenggorokan tidak hanya karena virus yang menyerang, akan tetapi ada hal berikut yang juga menjadi penyebab yang tidak disadari.

  1. Kondisi udara yang kering

Dengan terus berada di ruangan udara yang kering atau panas sepanjang waktu, anda akan rentan mengalami radang tenggorokan, dikarenakan tenggorokan pun akan kering jika ruangan tidak terjaga dengan baik kelembabannya.

  1. Bernapas melalui mulut
READ  Berikut ini bagaimana cara mengobati pecahnya gendang telinga yang terjadi.

Dalam keadaan sakit tertentu, seseorang akan memaksakan bernapas denga menggunakan mulut, akibatnya hidung tersumbat, atau karena kebiasaan tidur dengan mendengkur sambil menggunakan mulut, maka hal ini juga dapat mengakibatkan radang tenggorokan, jika terus dilakukan.

  1. Rokok

Di dalam rokok terdapat banyak bahan kimia yang sangat berbahaya untuk penghisapnya, terutama rentan terhadap iritasi bagian tenggorokan. Lebih parah lagi, ini bisa juga dialami oleh perokok pasif dan aktif. Karena asap rokok bisa terhirup oleh siapa saja yang ada di sekita perokok.

Menurut dr. M. Dejandra Rasnaya, penyebab radang tenggorokan juga bisa diakibatkan karena mengonsumsi makanan yang terlalu panas, pedas, selain merokok tapi juga karena meminum alkohol, serta meminum  antibiotik sembarangan tanpa resep dokter, atau tidak sesuai anjuran.

Faringitis bukan penyakit biasa, jika terus dibiarkan dan tidak dilakukan pengobatan dan tindakan berlanjut, beberapa penyakit bisa komplikasi dengan adanya faringitis ini, diantaranya :

  • Infeksi Telinga
  • Radang ginjal (glomerulonephritis)
  • Demam rheumatik
  • Streptokokus toxic shock syndrome
  • Sinusitus
READ  Hati-hati, Ini Cara Aman Membersihkan Kotoran Telinga

 

Bagaimana dokter mendiagnosis radang tenggorokan ?

Saat mendiagnosis, dokter akan menanyakan terlebih dahulu kepada pasien, dengan wawancara beberapa hal terkait keluhan yang sedang dirasakan. Seperti sakit saat menelan, gangguan pernapasan, demam, bahkan memiliki benjolan bagian tenggorokan. Setelah itu barulah tahap lebih lanjut yaitu pengobatan sesuai dengan gejala yang dirasakan oleh pasien.

Namun sebelum itu, anda juga dapat melakukan penanganan mandiri di rumah, sebelum benar-benar didagnosis oleh dokter, dengan cara mengonsumsi Pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat, serta banyak istirahat. Jika hal itu tidak membawa perubahan, barulah melakukan pengobatan lebih lanjut.

 

 

Sumber : golansia.com